Buat Profil Desa

Buat Profil Desa

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Untuk mempermudah perancangan pembangunan desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong meminta seluruh desa untuk melaporkan masing-masing profil desa secara lengkap yang bisa dibuat semacam buku.

Kepala Dinas PMDS Kabupaten Lebong, Reko Haryanto SSos MSi mengatakan, dimintanya laporan atau profil dari masing-masing desa, diawali banyaknya keluhan masyarakat yang mengatakan bahwa pembangunan di desa masih ada yang tidak sesuai sebagaimana mestinya atau tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Hal ini dikarenakan data-data masing-masing desa belum disusun,” jelasnya, kemarin (7/10).

Menurutnya, profil desa berisi mengenai desa, data jumlah penduduk, jumlah kelahiran, kematian, luas desa, sarana dan prasarana yang dimiliki, potensi serta yang lainnya.

“Sehingga pemerintah bisa mengetahui kondisi desa setempat,”ujarnya.

Dengan mengetahui kondisi desa, maka segala program pemerintah dan apa yang dibutuhkan dari masing-masing desa bisa diketahui dan pemerintah bisa membuat kebijakan untuk memberikan bantuan. Baik itu bantuan dalam pembangunan maupun yang lainnya.

“Sehingga pembangunan bisa dilakukan secara merata,” ucapnya.Dengan adanya profil desa, maka kejadian-kejadian seperti keluhan masyarakat terhadap pembangunan di desa tidak lagi terjadi. Sehingga pembangunan nantinya sesuai yang diharapkan masyarakat selama ini.“Sehingga pembangunan dapat dirasakan dan dimanfaatkan,” tutur Reko.(614)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: